Sejarah Napak Tilas


Dalam rangka memperingati hari pahlawan maka pada hari Senin (14/11) kemarin tiba giliran Kabupaten Bangli melaksanakan Napak tilas Pataka yang diserahkan oleh wakil Bupati Klungkung Tjokorda Gede Agung diterima oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di lapangan umum kecamatan Temuku Bangli. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Anggota Dewan Perwakilan rakyat, Anggota Muspida, SKPD, Pimpinan cabang Pemuda Panca Marga Bangli, Kodim dan Kepolisian.
          Dalam amanah Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam hal ini sebagai Inspektur upacara menyampaikan bahwa pelaksanaan Napak Tilas adalah merupakan momentum dalam meningkatkan nilai-nilai dan menumbuhkan semangat juang dikalangan generasi muda, dimana keberadaan kita saat ini adalah berkat perjuangan dari para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raga dan harta benda untuk kemerdekaan NKRI. Dengan demikian pelaksanaan Napak tilas kali ini hendaknya menjadi sebuah perenungan bagi kita bagaimana mengisi dan melanjutkan perjuangan yang telah dicapai dengan berusaha keras membangun dan mengisi dengan hal-hal yang positif.
          Sedangkan dalam laporan panitia Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga adalah bertujuan untuk memupuk jiwa dan nilai-nilai juang serta rasa kebersamaan guna terwujudnya integrasi generasi muda. Sasaran yang ingin dicapai adalah terpeliharanya nilai patriotisme serta semangat persatuan di kalangan generasi muda. Pataka dan Panji-Panji rencananya akan diserahkan besok kepada Kabupaten Gianyar yang berlokasi di lapangan Umum Astina Gianyar.
          Dilaporkan juga peserta napak tilas kali ini diikuti oleh Pasukan yuda putra, pasukan TNI, Pasukan POLRI, Pasukan GM.FKPPI, PAsukan KNPI, Pasukan Pemuda Panca Sila, Pasukan Hansip, Mahasiswa, Pecalang, PGRI, dan Satpol PP. Rute dalam perjalanan setelah diterima dari Kabupaten Klungkung selanjutnya akan diarak menuju Monumen di Br. Puraja, Ds. Peninjoan, Kec. Tembuku,  dilanjutkan menuju Monumen Br. Suter  Dusun Suter, Kec. Kintamani, dari Br Suter dilanjutkan menuju Monumen di Br. Ioh, Ds. Pengotan Kec. Bangli, dari Pengotan perjalannan dilanjutkan ke Monumen Br Demulih, Ds. Demulih, Kec. Susut dan terakhir akan bersemayam di Monumen Tugu Pahlawan Penglipuran Kelurahan Kubu, Kec. Bangli.
          Pada acara tambahan di Monumen Pahlawan Pengipuran diisi dengan acara sarasehan yang akan diikuti oleh seluruh peserta napak tilas dengan nara sumber dari Komandan KODIM 1626 Bangli dengan materi NKRI, Ketua MACAB LVRI Bangli dengan materi Napak Tilas dan Ketua DPD KNPI Bangli dengan materi dalam mengisi kemerdekaan. Pada acara malam harinya diisi dengan acara hiburan dan penyuluhan berupa bondres dari Kantor Kementrian Agama Kab. Bangli

Agenda Lainnya

Cari Agenda