Gerbangdes Sigot


Dalam upaya meyerap aspirasi masyarakat Desa dan melanjutkan program yang sudah dicangangkan oleh Bupati Bangli, Membangun Bangli Dari Desa dan membangun Bali dari Bangli maka pada hari Jumaan (20/5) kemarin pemerintah Kabupaten Bangli beserta seluruh kepala SKPD kembali melakukan acara turun ke-Desa dimana kegiatan ini sudah yang ke delapan kalinya dan giliran Desa Bangbang kecamatan temuku menjadi lokasi penyelenggaraan program tersebut. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Bangli, Ketua DPRD Kab. Bangli, Wakil Ketua DPRD Kab. Bangli Sekda Kab. Bangli Para Gatriwara, Kepala SKPD besrta Ibu.
          Menurut Camat Temuku I Ngh Tesan Seperti halnya pada program terjun ke Desa pada bulan-bulan sebelumnya kegiatan ini juga bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) dengan MOU Bupati Bangli mengadakan pelayanan pemeriksaan mata gratis yang kali ini di pimpin oleh ketua tim dr. dariarta,Sp.M yang meliputi kegiantan pemeriksaan mata katarak dan pembagian kacamata untuk penderita minus atau Selinder, disamping itu kegiatan ini juga bekerjasama dengan dinas kesehatan dengan perpanjangan tangan puskesmas setempat. Kepala Puskesmas Temuku dr. I DA Ketut Martini,MPH selaku ketua tim menyampaikan pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan dasar seperti cek Up Tensi, Denyut nadi dan juga pemeriksaan Gigi. Dari  Badan pemberdayaan perempuan dan KB juga tidak luput dalam kegiatan ini dalam upaya mensosialisasikan program keluarga Berencana dan pelayanan KB gratis dimana menurut ketua tim pelayanan antosias dari masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti kegiayan tersebut ditandai dengan banyaknya peserta. Dalam acara seremonial kegiatan dibuka dengan paparan camat Temuku Nengah Tesan yang meyampaikan tentang profile Desa Bambang. Desa Bangbang merupakan salah satu dari 6 Desa yang ada di desa Temuku dengan luas wilayah 266,1034 Ha terdiri dari luas pemukiman:19,905 Ha, luas Pesawahan: 235, 488 Ha, luas Pekarangan: 4120 Ha, Kuburan: 2,090 Ha, Perkantoran: 2,000 Ha, Prasarana umum: 2,500 Ha Total wilayah 266,103 Ha. Keadaan Demokratis jumlah penduduk Desa Bangbang sebanyak 4.860 jiwa, yangterdiri 2.434 jiwa laki-laki, perempuan 2.426 jiwa, jumlah KK Laki-aki 1.226 Kepala keluarga dan 51 kepala keluarga perempuan. Desa Bangbang dalam sector ekonomi menghandalkan mata pencaharian disektor pertanian dan peternakan disamping industri kecil dan menengah yang ada di masing-masing banjar dinas seperti industri: perak yang berada di Br. Bangnkiang sidem, Industri Semat Yang berada di Br. Dinas Cepunggung dan industri kacang karo Br. Dinas Nyanglang Kaja. Dilihat dari sektor pendidikan Masyarakat Bangbang sampai saai ini yang sedang mengenyam pendidikan di tingkat TK: 131 orang di tingkat SD sederajat: 460 orang, tingkat SLTP: 229 orang, tingkat SLTA: 183 orang, Tingkat D-1: 6 orang, tingkat D-2: 2 orang, tingkat D-3: 8 orang dan tingkat S-2: 1 orang.
         Dalam kesempatan itu juga dari kepala dinas Pendidikan Drs. I Nym Sumantra,M.Ag menyampaian paparan mengenai program pendidikan yang arahnya membangun Bangli dari pendidikan yang terencana, dengan pilar pembangunan pendidikan meliputiempat aspek yaitu: Keterjangkauan, Ketersediaan, Kualitas, Keterjaminan dan Kesetaraan. Visi dari program tersebut adalah Bangli tuntas wajar 9 tahun dan belajar SMA tahun 2015 dengan Misi  miningkatkan sarana dan prasarana, memantapkan manajemen, memantapkan kemitraan dalam pengelolaan pendidikan, meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Dilanjutkan mengembangkan Pendidikan ketrampilan untuk mencapai emandirian, mengembangkan system pendataan pendidikan sebagai sumber informasi pendidikan, pembinaan olah raga dan seni sebagai pelajar, pembinaan pemuda pelajar dan pemuda produktif. Strategi yang ditempuh adalah Memperbanyak layanan pendidikan kesetaraan, memperkecil anak gagal sekolahdengan program “Oka Anyar” yaitu seorang guru minimal mendapingi seorang anak yang potensial gagal pendidikan, meredistribusi guru sesuai kebutuhan, meningkatkan disiplin kerja seluruh komponen, melakukan kebijakan promotif untuk meningkatkan minat ke sekolah kejuruan.
          Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan dari KESRA berupa tabungan biasiswa kepada anak yang berprestasi sebanyak 18 orang terdiri dari empat SD yang ada di Desa Bangbang SD-1, SD-2, SD-3 dan SD-4. Bantuan pembangunan Desa yang dananya dari APBD sebesar Rp.50 juta yang diterima oleh ketua LPM Desa Bangbang I Nyoman Kartika. Bantuan dana Corporate Sosial Responsibelity (CSR) dari Bank BPD cabang Bangli sebesar 10 juta dan bank Pasar sebesar 5 juta rupiah yang diserahkan kepada Bupati Bangli untuk diserahkan kembali kepada kepala Desa Bangbang. Disamping itu diserahkan juga bantuan kepada para penderita cacat permanen dan bantuan bedah rumah kepada I Dewa Gede Sentanu yang ditandai degan Peletakan batu pertama di Br. Bangkiang Sidem.
         Dalam sambutan Bupati Bangli Menyampaikan tujuan SKPD ke-Desa adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui program GERBANGDES SIGOT “Gerbang yang dalam arti kata Pintu Masuk dan sigot adalah Jalan yang benar” tandas Bupati Bangli, dengan harapan setelah merasakan pahit getirnya kehidupan di Desa para elit birokrasi dapat membuat anggaran untuk pengembangan Desa dengan menggali potensi Desa apa yang bisa dikembangkan untuk kemajuan dari Desa tersebut. Bupati Bangli mengajak semua kalangan mendayung perahu bersma-sama untuk menuju pemerintahan Bangli yang “GITA SANTI” yang dimulai dari Desa dengan membangun masyarakat yang kuat secara ekonomi berlandaskan kerjakeras di semua sector kehidupan yang prioritas adalah bidang infrastruktur, pariwisata kesehatan dan pendidikan dengan target kedepan dapat meningkatkan status wajar 12 tahun.

Agenda Lainnya

Cari Agenda