Potensi Desa Catur Kintamani, Bangli

  • 25 Januari 2018
Potensi Desa Catur Kintamani, Bangli

Desa Catur memiliki potensi dasar menjadi desa wisata dengan empat daya tarik wisata berupa alam yang indah (ecotourism), budaya dan religi yang unik, perkebunan (agro tourism), dan yang wisata herbal yang sedang dikembangkan. Dari segi wisata alam, Catur memiliki beberapa air terjun, Goa Raksasa, dan pemandangan alam yang indah. Dari segi budaya dan religi, Catur memiliki keunikan karena memiliki pengaruh Hindu dan Budha yang hidup damai berdampingan.

Kebun kopi arabika di Catur telah menghasilkan single origin specialty coffee dengan cita rasa yang dapat diandalkan dan berani bersaing. Desa Catur juga mudah diakses, berjarak tidak jauh dari Jembatan Tukad Bangkung dan dapat menjadi akses alternatif wisatawan yang menginap di Bali Selatan dan ingin mengunjungi daerah Kintamani.

Hal ini dijelaskan oleh Perbekel Desa Catur bersama Gusti Mangku sebagai ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Catur. Desa Catur memiliki semangat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada dengan melibatkan masyarakat lokal dan juga potensi alam yang ada. Salah satunya adalah dengan telah dilakukan pengembangan produk kopi arabika di Desa Catur dengan melibatkan akademisi dari beberapa Universitas di Bali.

Pada tanggal 24 Januari 2018, msyarakat Desa Catur melalui perangkat Desa melakukan pertemuan dengan mengundang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli dengan menitikberatkan pada persiapan pengembangan Desa Wisata, dan pembuatan purana Desa yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kebudayaan.

  • 25 Januari 2018

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita